Proposal Sistem Informasi Penyakit DBD Berbasis Web di Kota Jogja

Posted by Unknown on 4/22/2016

Sistem  Informasi  Geografis  Penyebaran  Penyakit Demam  Berdarah  Dengue  Berbasis  Web Di kota jogja

1211510373 – Amin Jaeni . UTS JWP



1. Latar Belakang

          Demam Berdarah Dengue merupakan jenis penyakit menular yang sering menimbulkan kejadian luar biasa (KLB) di Indonesia. Kota Jogja merupakan salah satu wilayah yang pada setiap tahunnya mengalami peningkatan penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue yang cukup pesat.  Peningkatan penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue di Kota Jogja ini sangat ditentukan oleh kebijakan yang diambil oleh lembaga yang terkait, terutama Dinas Kesehatan. Dinas Kesehatan pun merupakan salah satu dinas yang berada pada lingkungan pemerintahan Kota Jogja yang bertugas menangani penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue. Dinas ini pun telah melakukan berbagai cara untuk mengurangi peningkatan kasus Demam Berdarah Dengue di Kota Jogja. Prediksi kejadian Demam Berdarah Dengue di Kota Jogja, masih diolah secara manual dengan penyajian masih terbatas dalam bentuk tabel dan grafik, sedangkan penyajian dalam bentuk peta belum dilakukan. Salah satu teknologi penyampaian informasi berbasis Web adalah GIS (Geographic Information System) atau sistem informasi geografis berbasis web dapat digunakan untuk memberikan informasi mengenai penyebaran wabah penyakit Demam Berdarah Dengue di Kota Jogja. Melalui WebGIS yang dibangun, pengaksesan informasi tentang Demam Berdarah Dengue di Kota Jogja dapat dilakukan dengan lebih mudah. Selain itu, WebGIS yang dibangun juga diharapkan dapat membantu pemerintah dalam mencegah kejadian luar biasa (KLB) dari penyebaran wabah penyakit Demam Berdarah Dengue di Kota Jogja.


2. Rumusan Masalah

           Berdasarkan dari latar belakang diatas  maka perumusan masalahnya adalah bagaimana GIS  ini dapat diterapkan untuk membangun sebuah Geography Information System Penyebaran Berbasis Web di Wilayah Kota Jogja sehingga dapat menampilkan peta tematik sebaran DBD beserta informasi yang diperlukan.


3. Tujuan Penelitian

          Tujuan dari dibangunnya GIS sebaran DBD di wilayah kota Jogja ini adalah
a. Mempermudah instansi terkait yaitu dinas kesehatan kota Jogja  dalam menyampaikan informasi penyebaran DBD ke masyarakat.
b. Menyampaikan data informasi DBD beserta kenampakan geografis berupa peta tematik dan grafik perkembangannya.
c. Membantu masyarakat dalam mencari dan  mengetahui daerah sebaran DBD di wilayah kota Jogja dan kenampakan geografis di wilayah hingga tingkat kelurahan dan kecamatan di kota Jogja.
 

4. Pembatasan Masalah

          Pembatasan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : 
a. Aplikasi sistem informasi yang dibuat ini terfokus pada informasi penyebaran penyakit DBD di wilayah Kota Jogja.
b. Lingkup daerah survei sebagai pembuatan aplikasi adalah Kota Jogja.
c. Aplikasi berbasis web ini menunjukkan tingkat persebaran jumlah kasus Demam Berdarah Dengue dari tahun 2010 sampai 2016. 


5. Tinjauan Pustaka

          Demam dengue (Dengue fever, DF) adalah penyakit yang terutama terdapat pada anak remaja atau orang dewasa, dengan tanda-tanda klinis demam, nyeri otot dan/atau nyeri sendi yang disertai leukopenia, dengan/tanpa ruam (rash) dan limfadenopati, demam bifasik, sakit kepala yang hebat, nyeri pada pergerakan bola mata, rasa mengecap yang terganggu, trombositopenia ringan dan bintik-bintik perdarahan (petekie) spontan. (Hendarwanto, 1996).  Demam berdarah dengue/DBD (Dengue henorrhagic fever, DHF), adalah suatu penyakit trombositopenia infeksius akut yang parah, sering bersifat fatal, penyakit febril yang disebabkan virus dengue. Pada DBD terjadi pembesaran plasma yang ditandai hemokonsentrasi (peningkatan hematokrit) atau penumpukan cairan tubuh, abnormalitas hemostasis, dan pada kasus yang parah, terjadi suatu sindrom renjatan kehilangan protein masif (Dengue shock syndrome), yang dipikirkan sebagai suatu proses imunopatologik (Halstead, 2007). Menurut Aronoff (1989), sistem informasi geografis adalah sistem yang berbasiskan komputer yang digunakan untuk menyimpan dan memanipulasi informasi-informasi geografis. Sistem Informasi Geografis (SIG) dirancang untuk mengumpulkan, menyimpan, dan menganalisis objek-objek dan fenomena di mana lokasi geografis merupakan karakteristik yang penting atau kritis untuk dianalisis.

6. Rancangan Layar


Halaman Menu Utama


Halaman Input Data DBD






0 komentar:

Posting Komentar

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin

Search Site